Selasa, 27 September 2011

Obat alami flu dan panas dalam


Kiat sehat menghadapi pergantian musim yang kerap kali berganti adalah menjaga kesehatan secara alami. Dimusim penghujan seperti di Indonesia ini, cenderung mengakibatkan penyaki-penyakit dengan sumbernya adalah virus, contohnya penyakit ringan, Influenza atau Flu. Bagi kita yang sudah terjangkit penyakit Flu ini tidak perlu khawatir, karena penyebab Flu adalah Virus.


Dimana virus ini tidak ada "obatnya". Tetapi Allah SWT maha adil, walau tidak ada obatnya, Virus hanya bersifat sementara/temporary berada di tubuh kita. Dan seiring dengan meningkatnya sistim kekebalan tubuh kita, virus itu sendiri akan hilang dari tubuh kita.

Untuk menghadapi Flu, selain prepared atau treatment dengan multivitamin dan makanan asupan, dan bagi kita yang "alergi" dengan namanya obat, dapat kembali ke obat-obat asli Indonesia alias Obat Tradisional. Berikut ada tips, bagaimana cara menangkal Flu dengan konsumsi obat tradisional. Beberapa obat tradisional yang kita dapat cari adalah sbb :

1. Zat Besi
Zat besi merupakan mineral esensial yang dibutuhkan lebih dari 300 enzim yang ada di dalam tubuh. Zat besi dapat Anda temukan pada makanan seperti daging, hati, seafood dan telur. Saat ini juga sudah tersedia dalam bentuk pil dan sirup. Kenapa zat besi bermanfaat? Zat ini memiliki efek menguatkan sistem imun tubuh, mood, kehidupan seks dan kesehatan yang berhubungan dengan pernafasan. Saat Anda mendapatkan gejala-gejala flu awal, tambahkan asupan zat besi dalam diet Anda. Sebagai bonusnya, zat besi ini dapat sedikit membantu menurunkan gejala flu.

2. Bawang Putih
Bawang putih dipercaya memiliki banyak manfaat. Allicin adalah yang paling ampuh melawan flu. Menurut studi kandungan allicin dalam bawang putih dapat mengurangi resiko terjangkit flu dan menyembuhkan sakit flu dengan cepat. Tapi ada efek samping bagi penderita gula darah dan wanita hamil. Menurut tes bawang putih memang mampu membunuh virus influenza. Tambahkan bawang putih pada sop ayam, yang juga dipercaya meredakan gejala flu, lalu nikmati saat masih panas.

3. Bawang Merah
Kandungan dalam bawang merah tak jauh beda dengan bawang putih, yang mengandung kimia antiviral.Rendam potongan bawang merah mentah di madu, biarkan selama semalaman. Gunakan campuran ini seperti sirup obat batuk. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan banyak bawang merah dalam masakan saat sedang terkena flu.

4. Vitamin C
Memang berdasarkan penemuan baru vitamin c hanya mampu mencegah flu biasa dan mengurangi reaksi gejala-gejala flu. Namun meski demikian vitamin c tetap bermanfaat untuk melawan flu dan batuk.

5. Madu
Madu populer sebagai obat mujarab di beberapa budaya, menurut studi madu juga menunjukkan dapat membantu meringankan iritasi pada tenggorokan dan diyakini mengandung antioksidan dan anti bakterial. Madu juga terbukti meringankan batuk dan membantu tidur pulas pada anak-anak berusia satu tahun ke atas.

6. Ginseng
Ginseng dianggap sebagai suplemen herbal yang populer. Banyak manfaat dari ginseng ini mulai dari memperbaiki ingatan, memperbaiki konsentrasi, kelelahan, masalah yang berkaitan dengan penuaan, depresi ringan dan bahkan untuk ibu setelah melahirkan. Kandungan dalam ginseng meningkatkan sistem imun tubuh, untuk itu tak salah jika ginseng disebut berkhasiat sebagai obat flu.

7. Jahe
Jahe dipercaya sejak dulu kala sebagai obat tradisional China dalam memerangi gejala flu. Dalam pengobatan India, ayurveda juga dipercaya hal yang sama. Jahe panas ditambah jeruk nipis dan madu bisa dijadikan minuman di saat hujan. Tapi bagi yang baru menjalani operasi,sebaiknya hindari minum jahe selama dua minggu.

Sumber: kapanlagi.com

9 Suplemen Alami Pereda Flu


Hidung tersumbat, sakit kepala, demam batuk yang membuat anda terbangun tengah malam. Gejala tersebut merupakan awal dari penyakit flu telah menyerang anda. Tidak perlu anda terburu-buru mencari apotek 24 jam untuk sekedar membeli paracetamol atau obat-obatan flu di pasaran. Berikut 9 obat flu alami rekomendasi para dokter di seluruh dunia. Alami, manjur, berkhasiat dan murah meriah
1.  Zinc
Apa ini? Zinc merupakan mineral alami yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang akan menurunkan aktivitas sang virus.  Zinc/seng diyakini akan menghambat reproduksi sel virus pada selaput lendir sistem pernafasan atas ujar Fred Pescatore, MD. Seorang dokter dan presiden dari  Internasional dan Asosiasi Ahli Gizi Klinis Amerika.
Cara menggunakannya :  di apotek pil/vitamin atau suplemen atau buah-buahan yang mengadung zinc sebagai persiapan dan simpan dikotak obat anda. Jika terkena flu minum dengan kandungan zinc sekitar  15-30 mg. Beberapa saat kemudian anda akan merasa enakan.
Hindari penggunaan nasal spray yang mengandung zinc, sebab akan merusak sistem syaraf pernafasan anda.
2.  ECHINACHEA
Merupakan keluarga dari coneflower ungu. Ramuan ini merupakan petarung yang kiat terhadap serangan flu. Dalam sebuah penelitian klinis terhadap 3000 orang. Echinacea terbukti 58 % mengurangi dampak dari flu hingga 1 – 1 ½ hari.
Cara menggunakan :  Gunakan untuk pencegahan terhadap flu. Jika sudah terkena tidak akan membantu lagi.  Echinacea banyak diperdagangkan sebagai jamu atau ramuan. Sebaiknya jangan meminumnya terus menerus hingga 2 minggu, minum selama 2 minggu terus-menerus kemudian istirahat seminggu dan lanjutkan kembali. Ulangi terus siklusnya selama musim flu menyerang.
3.   Vitamin C
Banyak terkandung dalam buah-buahan dan sayuran. Merupakan vitamin alami peningkat daya tahan tubuh. Vitamin C diyakini mendukung sistem imun dengan melahap radikal bebas (molekul organik terkait dengan penuan dan kerusakan jaringan) sehingga sistem kekebalan tubuh dapat melakukan tugasnya.
Cara menggunakan : Jika musim flu menyerang. Untuk menjaga daya tahan tubuh ambil 500 mg Vitamin C (6 x sehari) dengan total 3000 mg/hari. Jika flu sudah menyerang konsumsi vitamin c 500 mg/jam selama 24 jam.
4.   Madu
Madu berasal dari produksi lebah madu setelah menghisap sari berbagai bunga-bungaan. Madu diyakini mengandung antioksidan, antibakteri dan antivirus yang menjadikannya sebagai penggempur gejala flu yang efektif dan top markotop.
Cara menggunakan : Tambahkan 2 sendok makan madu untuk secangkir hangat air biasa/teh, tambahkan perasan jeruk lemon/nipis untuk penambah khasiat vitamin C.
PERHATIAN : Jangan memberikan madu pada bayi !
5.   Sop Ayam
Selain nikmat sup ayam buatan sendiri merupakan suplemen alami peningkat daya tahan tubuh. Selain itu sop ayam mengandung asam amino yang bertindak sebagai asetilsistein yang digunakan untuk mengobati bronkhitis dan penyakit paru lainnya.
Cara menggunakan : Nikmati saja setiap harinya....
6.   Teh Jahe
Akar jahe mengandung  senyawa yang disebut gingerols, senyawa ini akan menekan inflamasi sebagai akibat dari rasa sakit, peradangan, kuman dan virus. Karenanya jahe ini mempunyai manfaat yang bagus sebagai obat anti flu.
 Cara menggunakan : Untuk meredakan sakit tenggorokan dan flu ambil 2 sendok teh jahe parut dan seduh dalam air hangat/teh dengan sedikit gula. Minum sedikitnya 2-3 cangkir sehari.
7.   Makanan Pedas
Sebagaimana yang kita tahu makanan pedas akan meredakan gejala hidung mampet. Apakah itu bawang putih, kunyit, cabe dan jahe. Semuanya merupakan anti-inflamasi yang kuat yang akan meredakan iritasi pada hidung, tenggorokan dan sistem pernafasan atas.
Dari hasil penelitian senyawa capsaicin yang banyak dikandung cabe, jika disemprotkan pada hidung yang lagi meler maka sekresi kelenjar di hidung akan meningkat dan menipiskan lendir. Bawang putih berfungsi menghacurkan dinding sel virus sebelum memasuki tubuh kita.
Cara menggunakannya : Potong dan hirup aroma dari bawang putih maka anda akan merasakan efek lega di pernafasan anda.
8.   Steam/Uap
Nah teknik ini yang sering saya gunakan jika terkena gejala flu dan hidung tersumbat.  Mengapa uap panas bisa menghilangkan gejala flu ? Dari berbagai penelitian berbagai jenis virus flu, virus akan melemah jika terpapar uap panas lebih dari 80 derajat.
Cara menggunakan : Ambil handuk dan panci. Isi panci dengan air (jangan terlalu banyak) rebus air hingga mendidih. Kemudian hirup uap dengan hidung hingga terasa menusuk sambil menutupi kepala di atas panci (maksudnya agar uapnya tidak kemana-mana). Ulangi hingga 3- 5 x. Minum vitamin C untuk menambah seranga ke virus flu tadi. Tidurlah yang cukup.
9.   Minyak Eucalyptus/kayu putih.
Minyak asal pohon kayu putih Australia ini berkhasiat meredakan gejala flu. Ini dikarenakan minyak mengandung senyawa bernama cineole yang bekhasiat menyerang pertahanan virus flu.
Cara menggunakan : Sama dengan sistem steam atau uap Cuma tambahkan 4-5 tetes minyak kayu putih dan hirup uap panas bercampur minyak tadi dengan tudung handuk di kepala anda. Ulangi 2x sehari.
referensi : http://www.lifescript.com/


Obat panas dalam paling tokcer…

Kalo ditanya obat panas dalam apa yang paling manjur, aku pasti bakalan jawab “air kacang ijo”.  Ya iyaa!!  Air kacang ijo tuh emang manjur banget buat nyembuhin panas dalam… aku waktu itu panas dalam parah (udah minum adem sari, larutan cap kaki tiga, luo han kuo dll gak sembuh-sembuh), eeeh begitu minum air kacang ijo ini segelas langsung sembuh lhoo!!  Aneh bin ajaib kaan?  Udah alami, gampang bikinnya, murah meriah lagi.. dan karena bahannya cuma kacang hijau doang, jadi bisa untuk baby juga lhoo…
Ini niih caranya :
- 1 genggam kacang hijau
- kurang lebih 500 ml air
Cara membuat:
- Cuci kacang hijau, lalu rebus bersama air hingga mendidih.
- Setelah mendidih, langsung matikan apinya.. dan tuang air kacang hijau tersebut (yang sekarnag warnanya udah berubah hijau muda) ke dalam gelas.  Minum selagi hangat (biasanya aku tambahin gula biar lebih manis, tapi kalo buat baby ya mendingan jangan ditambah apa-apa)
Notes : kalo untuk baby, air kacang hijau ini aku gunakan untuk bikin susu… jadi bikin susunya nggak pake air putih lagi.  Manjur banget lho!  Kemarin babyku batuk n kayanya panas dalem juga, karena dia sama sekali nggak mau minum susu… bahkan air putih pun susah banget padahal biasanya banyak.. Aku pikir mungkin tenggorokannya sakit, jadi aku bikinin dan minumin air kacang ijo ini (dicampur susu).  Ajaib, besoknya dia dan sembuh, minum susu dan air putihnya udah banyak lagi kayak biasanya. Thanks God:)
 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar