Jumat, 13 Mei 2011

belajar membuat word press


Untuk mengelola dan mengisi wordpress anda langkah pertama yaitu kita login ke wordpress kita, wordpress yang kemarin saya install berada pada alamat url http://localhost/belajarwordpress. kita akses alamat tersebut, untuk masuk ke area administrator anda akses alamat wp-login.php, jadi jika saya ingin login sebagai administrator ke wordpress saya maka alamatnya sebagai berikut http://localhost/belajarwordpress/wp-login.php, dan tampilan dashboard seperti gambar dibawah ini:

Terdapat menu-menu utama yang dapat anda gunakan untuk mengelola wordpress anda, menu-menu tersebut adalah:
  1. Post
Menu post in terdapat tiga sub menu Edit, Add New, Tags, dan Catagories
- Edit yaitu berisi semua artikel yang telah di terbitkan (Publish) dan tulisan yang tersimpan sebagai Draff, dimenu ini anda bisa mengubah tulisan anda sebelumya yang telah di terbitkan maupun disimpan.
- Add New untuk menambahkan tulisan baru anda yang dapat anda publish kan atau anda simpan sebagai draff.
- Tags yaitu untuk mengelola Tag-tag dari postingan (tulisan) anda.
- Catagories yaitu untuk mengelola Katagogori dari postingan anda, 

  1. Media
Media yaitu untuk menambahkan media pada blog kita seperti musik, gambar, animasi dan lain-lain.

  1. Link
Menu link ini terdiri dari sub menu Add New, Edit dan link catagories.
Add new yaitu untuk menambah link baru untuk blog anda
Edit yaitu untuk mengubah link yang telah anda tambahkan sebelumnya
Link catagories yaitu untuk membuat katagori untuk link-link anda

  1. Pages
Menu Pages yaitu untuk megelola halaman yang anda buat, halaman dan tulisan dibedakan pada wordpress. seperti halaman Kontak dan lain-lainya. menu pages in terdiri dari dua sub menu yaitu edit dan add news. 

  1. Comment
Comment yaitu menu untuk megelola komentar-komentar yang dari pengunjung wordpress anda, anda bisa membalas, mengedit atau menghapus komentar-komentar anda.

  1. Appereance
Menu ini yaitu untuk mengatur tampilan wordpress anda, anda bisa mengubah thema dari wordpress anda, widgets, Editor, Header image dan Color, guna mempercantik wordpress anda.

  1. plugin
Menu ini yaitu untuk mengelola plugin yang anda install (masukan) ke dalam wordpress anda guna mengoptimalkan wordpress anda.

  1. User
Menu ini yaitu untuk mengelola user yang mendaptar ke wordpress anda, atau anda bisa menambahkan user oleh anda sendiri, selain itu disini bisa juga menentukan type user account apakah sebagai editor, publisher atau yang lainnya.

  1. Tools
Menu ini yaitu untuk mengelola peralatan-peralatan yang disedikan oleh worpress untuk mengoptimalkan wordpress anda.

  1. Setting
Menu ini yaitu untuk mengkonfigurasi pengaturan-pengaturan wordpress anda.Artikel diatas hanya lah gambaran yang umum tentang mengelola dan mengisi wordpress, saya akan membahas secara detail berbagai materi tentang wordpress tersebut.

Setelah saya memubuat artikel tentang mengelola wordpress yang didalamnya masih bersifat umum sekarang saya akan mencoba membuat, artikel tentang cara membuat tulisan pada wordpress, baik wordpress.com maupun dalam blog kita yang memakai script wordpress, karena pada dasarnya akan sama apabila versi yang dugunakan sama..

Langkah untuk membuat tulisan pada wordpress yaitu anda login dulu sebagai administrator langkah nya dapat anda baca di artikel inisetelah itu anda akan dibawa pada halaman dashboard administrator, kemudian anda klik link post kemudian pilih Add new setelah itu maka akan tampil gambar sebagai berikut :
Pada Komlom dibawah Add new post ketikan judul dari tulisan(postingan) kita, kemudaian tuliskan isinya pada kotak dibawahnya lagi, setelah selesei dan sudah diedit, bila kita ingin menambahkan tag dan katagori maka kita harus membuat terlebih dahulu tags dan katagori tersebut, untuk artikel ini inssaa Alloh saya akan buat pada postingan berikutnya.
Setelah anda selesei menulis artikel tersebut anda bisa menyimpannya sebagai draff atau langsung mempublikasikannya, dan anda bisa mempreview terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.

Sampai disini dulu artikel yang saya tulis, selanjutnya saya akan membahas tentang pembuatan tags dan katagori untuk tulisan-tulisan kita, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda,, Sampai jumpa lagi di lain waktu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar